Berita

24 Nov 2022

Penulis : Folber Siallagan

Inilah Spot Mancing Laut Terbaik Dekat Jakarta

Bagi Anda yang hobi mancing, khususnya di spot laut lepas, beberapa lokasi ini wajib untuk dicoba. Selain lokasi tak jauh dari Jakarta, berbagai macam ikan target masih cukup melimpah. Mulai dari berbagai jenis kerapu, snaper/kakap, tenggiri, pari, GT hingga tongkol. Berikut ulasannya. 

1. Pantai Karangantu Kota Serang
Lokasi spot ini berada 2,5 KM dari Kota Serang, lebih dikenal dengan dermaga pelabuhan nelayan, target ikan di sini adalah ikan berukuran kecil dan sedang seperti ikan kerapu, baronang, sembilang. Teknik mancing yang sering dilakukan, teknik dasaran dan umpan cumi atau udang. Biasanya orang Jakarta mancing di sini hanya sekadar transit sambil menunggu kapal mengangkut mereka ke spot sesungguhnya, Pulau Tunda! 


2. Pulau Tunda Kabupaten Serang
Memancing di sekitar Pulau Tunda, kita harus menyewa kapal khusus dari Karangantu. Perjalanan sekitar 2-5 jam dari Pelabuhan Karangantu menuju spot, tergantung jenis kapal yang dipakai. 

Target ikan di spot sekitar Pulau Tunda ini berukuran kecil, sedang dan besar. Mulai dari kuniran, kerapu, wakung sawo, barracuda, berbagai jenis kakap, tenggiri, GT, kuwe, hingga pari. Biasanya ABK kapal yang kita sewa sudah menyiapkan umpan cumi dan udang untuk para angler yang menyewa jasa mereka. 

Teknik mancing yang dipakai mulai dari sasaran, casting, jigging hingga troling. 


3. Pulau Panjang
Lokasi spot ini dapat dijelajah dengan menggunakan tumpangan bot, atau carter kapal. Destinasi lokasi mancing merupakan lokasi ikan berukuran sedang dan besar. Jenis ikan yang sering didapat pemancing ikan kuniran, kerapu, wakung sawo, barracuda. Untuk Umpan bisa menggunakan umpan tiruan (Plug) seperti ; Floating Plug, Sinking Plug, Popping/ Popper, Squid atau Konahead.
Untuk teknik bisa memakai teknik dasaran, casting dan jigging. 


4. Anyer-Carita
Lokasi mancing berada di kawasan wisata anyer, dari Kota Cilegon anda langsung bisa ke anyer. Lokasi spot wisata ini, dipinggiran pantai lebih banyak hotel-hotel dan tempat menginap, sangat memungkinkan bagi anda yang membawa keluarga dan menginap. Di lokasi ini. Ikan yang sering dipancing berukuran kecil dan sedang. Untuk umpan yang sering digunakan udang,cumi atau umpan tiruan. Untuk teknik mancing lebih banya digunakan Teknik mancing dasarann dan casting.

5. PLTU Labuhan Kabupaten Pandeglang
Lokasi spot mancing yang satu ini, dapat dilalui dari dua kota, yakni dari kota serang menuju Pandeglang, atau dari Cilegon menuju Pandeglang. Spot mancing bisa di dermaga atau menggunakan perahu nelayan. Salah satu spot yang sering di daerah PLTU Labuhan adalah dermaga batu. Jika masuk dari PLTU, pilih yang paling belakang. Untuk ikan yang sering didapat biasanya, jenis ikan kerapu, belanak, ikan tompel, sembilang, mata kucing (barramudi), tunul, bebereuman, dan ikan kacang-kacangan. Anda juga harus berhati-hati untuk strike ikan pari galak, yang bisa membuat tali pancing putus. 
putus.Umpan yang bisa anda gunakan cumi, udang dan umpan tiruan. Teknik macingnya ; Fisherman, Casting dan Jigging.

6. Ujung Kulon
Lokasi spot mancing ini, merupakan surganya ikan bagi pemancing. Ikan-ikan moster ada diperairan pantai dan laut di ujung kulon. Lokasi spot bisa tempuh dari pandeglang-Labuan-langsung ke Ujung Kulon. Ikan moster sering sekali strike di lokasi perairan Ujung Kulon. Teknik mancing yang unggul di lokasi ini untuk ikan berukuran moster, teknik Troling (teknik memancing dengan menenggelamkan lure dan juga disertai dengan jalannya kapal) atau jenis teknik Popping (teknik yang tidak berbeda jauh dengan Casting).

7. Binuangen Kabupaten Lebak
Spot terakhir ini adalah surga memancing terbaik. Dari Binuangen, biasanya para angler menyewa kapal khusus menuju spot SMR, Pasir Gosong atau sekitar Krakatau. Untuk wisata mancing di spot ini setidaknya harus menyewa kapala 2-3 malam. Karena menuju spot-spot tersebut setidaknya butuh 5-10 jam perjalanan, tergantung jenis kapalnya. 
Semua jenis ikan monster tersedia dan semua teknik memancing bisa dilakukan di spot-spot tersebut. Yang paling penting para angler harus memastikan bahwa tackle/alat pancing yang dibawa harus sesuai standar memancing ikan monster. Selamat memancing, salam strike!. (*)

Berita Lainnya

8 Des 2022

Penulis : Folber Siallagan

Hobi Diving? Berikut Daftar Destinasi Paling Fantastis di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki alam bawah laut terindah. Belum lagi kekayaan fauna yang paling beragam. Tidak sedikit  wisatawan mancanegara datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Itu sebabnya sebuah majalah Dive Magazine menobatkan Indonesia sebagai destinasi diving terbaik di dunia. 

Ada sejumlah destinasi diving terbaik di Indonesia yang layak untuk diketahui. Destinasi fantastis tersebut tersebar di penjuru Indonesia dengan keaslian alam bawah laut yang masih terjaga. Berikut daftarnya:


1. Raja Ampat
Lokasi diving terbaik di Indonesia yang paling eksklisif dan terkenal seantero jagat adalah Raja Ampat. Wilayah ini berbentuk kepulauan yang terletak di bagian paling barat Papua. Raja Ampat memang terkenal sebagai lokasi yang menawarkan wisata keindahan alam laut yang menakjubkan. 
Raja Ampat bahkan disebut sebagai kepingan surga di timur Indonesia. Di Raja Ampat, terdapat lima spot diving terbaik, yaitu Cross Wreck, Selat Dampier, Blue Magic, dan lainnya. 


2. Wakatobi
Selanjutnya adalah Wakatobi yang tekenal memiliki keindahan perairan yang mempesona. Keunggulan dari Perairan Wakatobi karena masih alami dan jernih sehingga sangat memanjakan para penyelam. 
 Bahkan Wakatobi disebut sebagai surganya para penyelam untuk snorkeling. Ada empat pulau yang bisa anda kunjungi disini, yaitu Tomia, Kaledupa, Wangi-wangi, dan Binongko.
Terdapat lebih dari 40 spot diving di Wakatobi. Spot yang populer, yakni Cornucopia, Coral Garden, House Reef, dan Rome. Penyelam dapat menikmati beragam biota laut, mulai dari terumbu karang dan spesies ikan. 


3. Derawan
Destinasi selanjutnya yang tak kalah mencengangkan adalah Kepulauan Derawan. Kepulauan ini berada di lokasi terpencil di Kalimantan Utara. Butuh perjalanan darat sekitar 4 jam dari bandara Berau, Kalimantan Utara. Selanjutnya dilanjutkan dengan perjalanan kapal cepat sekitar 1-2 jam ke kepulauannya.
Ada beberapa spot diving terbaik di Kepulauan Derawan, yaitu Maratua, Nabucco, Bakungan, dan Nunukan. Di perairan ini, penyelam dapat menikmati berbagai hewan laut berukuran besar dan kecil. Terdapat 872 spesies ikan dan 507 jenis terumbu karang di perairan Derawan. Salah satu keunggulan lainnya adalah tak jarang penyelam bisa menjumpai pari manta raksasa serta penyu berukuran super besar. 


4. Kepulauan Alor
Lokasi diving terbaik lainnya masih dari Indonesia bagian timur, yaitu Kepulauan Alor. Kepulauan Alor terletak di sebelah timur Flores, Nusa Tenggara Timur. Kepulauan ini menawarkan keindahan laut yang mempeson. Terdapat hampir 50 spot diving yang bisa ditemukan di sini. 
Spot diving di Kepulauan Alor tersebar sampai ke Pulau Pantar dengan level kesulitan yang berbeda-beda. Penyelam dapat menikmati perairan yang jernih dan pemandangan beragam biota laut di dalamnya. 


5. Pulau Tulamben
Pulau Tulamben menawarkan wisata diving yang unik berbeda dari spot lainnya. Wisata diving Tulamben berada di Pantai Tulamben, Bali. Lokasi ini menawarkan diving melihat bangkai kapal Liberty US Army Transport. 
Penyelam di spot diving Tulamben dapat menikmati penampakan bangkai kapal bersejarah yang karam pada masa Perang Dunia II. Untuk mencapai spot ini, penyelam harus naik perahu sejauh 25 meter dari pantai. Di sini, penyelam juga dapat menikmati berbagai biota laut, seperti paus hiu, hiu martil, dan ikan mola-mola. 

6. Karimun Jawa
Lokasi diving terbaik Indonesia juga bisa ditemukan di perairan Pulau Jawa, yaitu Karimun Jawa. Tedapat 27 pulau di wilayah Karimun Jawa. Di sini terdapat banyak spot diving dan snorkeling yang bisa dinikmati wisatawan. 
Untuk sampai ke Karimun Jawa, wisatawan harus menyeberang menggunakan kapal dari Pantai di Jepara atau Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Perairan Karimun Jawa menawarkan keindahan alam laut yang masih alami dan beragama biota laut unik di dalamnya. 
Demikianlah rangkuman spot diving terbaik yang sangat layak untuk dijelajahi para pencinta diving. Semoga bisa menambah wawasan pembaca tentang destinasi wisata maritin tanah air. (*)

7 Des 2022

Penulis : Folber Siallagan

Sail Teluk Cendrawasih 2023, Menggali Potensi Ekonomi Maritim Papua

Tahun depan, ajang multieven kemaritiman bernama Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 akan digelar di Kabupaten Biak Numfor, Papua. Kabupaten ini sengaja dipilih sebagai pusat kegiatan STC 2023 karena lokasinya yang strategis berada di bibir lautan kepulauan Pasifik.

Papua secara umum memang dikenal memiliki banyak potensi unggulan bidang pariwisata, perikanan, dan kelautan. Potensi ekonomi Maritim ini akan digenjot habis-habisan dengan penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih 2023.

STC 2023 merupakan sebuah penegasan pemerintah Indonesia yang mendeklarasikan diri sebagai negara poros maritim dunia. Juga, untuk mempercepat pembangunan Papua khususnya di Kabupaten Biak Numfor di bidang ekonomi dan pariwisata. 

Sasaran STC 2023, untuk rute-rute pelayaran menggunakan yacht atau kapal laut internasional. Diharapkan kapal-kapal tersebut tertarik dengan tawaran wisata dan bisnis kemaritiman di Papua sehingga mau menyandarkan kapalnya di dermaga Papua. 

Menurut Deputi Sekretaris Wakil Presiden Bidang Kebijakan Pemerintah Velix Wanggai, Sail Teluk Cenderawasih 2023 adalah upaya Pemerintah mempercepat pembangunan Papua, khususnya meningkatkan dunia pariwisata Maritim. 


Potensi Ekonomi Maritim
Pulau Biak dan Supiori secara geografis letaknya strategis karena berada di bibir lautan kepulauan Pasifik dengan sektor unggulan pariwisata, perikanan, dan budaya.

Sedangkan potensi perikanan kelautan dan pariwisata di Kabupaten Supiori juga menjanjikan untuk bisa mendatangkan wisatawan.

Seperti halnya wilayah pulau terluar Mapia dengan beragam potensi sektor pariwisata, perikanan, dan kelautan.

Adapun Kabupaten Kepulauan Yapen memiliki potensi pariwisata dan perikanan berupa habitat burung cenderawasih dan penangkaran penyu.

Pantai Inggrisau merupakan tanah adat milik Suku Wabo, berada di sisi utara Pulau Yapen, menghadap Selat Seireri yang memisahkan Pulau Yapen dan Pulau Biak.

Kedua pulau berada di kawasan Teluk Cendrawasih secara administrasi berada di Desa Aisau, Distrik Raimbawi, Kabupaten Kepulauan Yapen Papua.

Pantai ini tempat penyu bertelur. Penyu datang tak pernah putus waktu untuk bertelur. Saat musim bertelur, penyu datang sejak sore sampai matahari terbit esok hari.

Dari enam jenis penyu di Indonesia, empat bertelur ke Inggrisau, di antaranya penyu belimbing (dermochelys coriacea), penyu hijau (chelonia mydas), penyu sisik (eretmochelys imbricata), dan penyu lekang (lepidochelys coriacea) sebagian besar penyu dari Lautan Pasifik.

Selain itu, ada kawasan kepulauan Waropen yang  memiliki objek wisata Pantai Asiwerini di Nubuai, Distrik Ureifaisei, Kabupaten Waropen memilik keindahan pantai seakan tak ada habisnya seperti di Pantai Asiwerini.

Mengunjungi pantai Asiwerini bisa menggunakan perahu agar bisa berkeliling daerah hutan bakau di sana.

Pantai Asiwerini sendiri mempunyai hutan bakau yang masih asri dan sangat alami sehingga dapat memberikan kepuasan bagi para wisatawan dikenal dengan negeri 1.000 bakau.

Tak kalah indahnya adalah Pulau, sebuah pulau  kecil yang menyimpan keindahan seperti surga karena masih alami dan hadir dengan kombinasi pasir putih berkilau. Bukan hanya itu, keindahan bawah laut di Pulau Nau begitu terawat dengan baik sehingga menjadi habitat ikan, biota laut dan kerang yang masih sangat indah serta menarik.

Objek wisata Pantai Ronggaiwa dan Pantai Sanggei dengan keindahan alamnya juga begitu menjanjikan menjadi daya tarik.

"Pemkab Waropen mendukung event Sail Teluk Cenderawasih karena berpeluang mengangkat potensi sumber perekonomian warga lokal," ujar Wakil Bupati Waropen Lamek Maniagasi.

Dengan STC 2023 tidak saja memberikan dampak terhadap percepatan pembangunan tetapi mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan masyarakat adat untuk membangun Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. (*)

6 Des 2022

Penulis : Folber Siallagan

KKP Bangun Kapal Canggih Anti Illegal Fishing


Pencurian ikan atau illegal fishing menjadi salah satu target pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), untuk diberantas. Untuk itu, pemerintah tahun ini mulai membangun dua kapal pengawas perikanan dengan menggunakan teknologi anti-illegal fishing yang cukup camggih. Kapal ini akan memperkuat armada pemberantasan pencurian ikan di laut Indonesia.

Menurut Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin, kapal pengawas yang akan dibangun tersebut dilengkapi dengan peralatan dan permesinan yang canggih.

"Teknologinya didesain sesuai dengan kebutuhan pemberantasan illegal fishing, di antaranya rope cutter yang mampu memutus jaring yang selama ini sering dilemparkan ke laut untuk menghalangi proses penangkapan kapal illegal fishing," kata Adin.

Ia mengungkapkan beberapa fitur yang dikembangkan di antaranya kecepatan sampai dengan 30 knot, overview wheelhouse 360° yang membuat nakhoda dan perwira kapal bisa melihat ke semua sisi di sekitar kapal serta teknologi pemutus tali.

Selain itu, kata dia, kapal pengawas kelas II (panjang 50 meter) ini juga dilengkapi dengan meriam air, dan sea rider dengan kapasitas lima orang awak kapal, serta fin stabilizer dan interseptor yang membuat kapal tersebut lebih stabil.

Desain yang dibuat hasil bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (Swakelola Tipe II) ini, kata dia, pemodelannya telah diujicoba di Laboratorium Uji, Balai Teknologi Hidrodinamika, BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), Surabaya.

"Kapal ini lebih cepat dan lebih stabil dibanding tipe-tipe sebelumnya untuk kelas kapal yang sama," ujarnya.

Lebih lanjut Adin menjelaskan kedua kapal tersebut akan dibangun oleh PT. Palindo Marine-Batam dan diharapkan sudah dapat digunakan untuk memperkuat armada pengawasan pada 2023.

Dalam proses dimulainya pembangunan kapal tersebut, lanjutnya, telah melibatkan supervisi yang memberikan pembekalan dari berbagi instansi terkait seperti Direktorat Tipidkor Bareskrim POLRI, Kejaksaan Agung, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Kementerian Perindustrian.

"Proses pengadaan kedua kapal pengawas ini akan terus diawasi dan disupervisi agar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," pungkas Adin. (*)

*sumber: antara

5 Des 2022

Penulis : Folber Siallagan

Kisah Kapten Sloane, Menyelamatkan Kapal Kargo Raksasa yang Kandas


Masih ingat insiden kapal kargo raksasa bernama Ever Given terdampar di Terusan Suez? Kapal sepanjang 230 meter lebih dan berat ratusan ribu ton itu nyangkut dan memblokir terusan Suez. Akibatnya, kapal-kapal kargo di seluruh dunia yang hendak melintas terjebak 'macet' hingga 100 Km. Bagaimana mereka bisa diselamatkan?

Kapal kargo dunia yang mengangkut sekitar 90% perdagangan global, rupanya tidak selalu sampai ke tujuan dengan selamat. Selalu ada gangguan yang berpotensi menggagalkan misi perjalanan kapal pembangkit barang tersebut. 

Menurut Safety and Shipping Review yang dirilis perusahaan asuransi Allianz, 27 kapal kargo hilang dalam insiden besar setiap tahun dan 357 selama dekade terakhir.

Penyebabnya  berbeda-beda. Mulai dari karena terbakar, menabrak batu karang dan gunung es, ada yang malfungsi. Meski kapal tersebut tidak selalu tenggelam.

Dengan harga kapal hingga ratusan juta dolar, tentu saja pemilik kapal melakukan apapun untuk menyelamatkan kapalnya. Di sinilah peran 'salvor' atau penyelamat kapal dibutuhkan. Salah satu peran salvor yang paling populer adalah ketika menyelamatkan kapal kontainer rakasasa Ever Given yang kandas dan memblokir Terusan Suez, dan memicu masalah rantai pasokan global tahun lalu.

Pertanyaannya adalah, bagaimana caraenyelamatkan kapal berbobot ratusan ribu ton yang tersangkut di karang atau terdampar di laut? 

Berikut ini adalah kisah Kapten Nick Sloane, kepala penyelamat kapal yang berhasil menyelamatkan sebuah kapal raksasa sepanjang 230 meter yang kandas di luar pelabuhan Hong Kong.

Sloane bersama lima anggota tim penyelamat lainnya memutuskan tinggal semalam di kapal yang kandas dihajar badai. Dia ingin tahu apa yang menimpa kapal tersebut dan bagian mana yang dihantam paling keras. 

Sloane, direktur di Resolve Marine Group, sedang dalam perjalanan pulang usai menonton sepakbola saat menerima telepon sebuah tugas penyelamatan kapal raksasa yang karam di Hong Kong. keesokan harinya dia langsung terbang dari Afrika Selatan ke Hong Kong. 

Kapal yang akan dia selamatkan menabrak karang dan melubangi dua sisinya saat perjalanan tinggal 46 km lagi dari tujuan. Haluannya tersangkut di dasar laut, tak dapat digerakkan. Sebagian kapal mulai terendam air dan akan segera tenggelam jika tidak segera diselamatkan. Semua kru kapal sudah dievakuasi. 

"Banyak yang skeptis, semua yakin kapal itu tidak bisa diselamatkan," kata  Sloane kepada BBC. Kapal itu memang tenggelam, setiap hari haluannya tenggelam bertambah setengah meter hingga satu meter. Namun, di tengah keraguan orang, Sloane justru optimistis bisa menyelamatkan kapal tersebut. 


Startegi Penyelamatan
Langkah pertama yang dilakukan Sloane dan tim adalah mengurangi beban kapal dan memompa air keluar sebanyak mungkin. Puluhan kapal tongkang dikerahkan untuk menguras muatan kapal untuk diangkut ke darat. Setidaknya 1.200 kontainer dikeluarkan dari kapal. Saat semua kontainer berhasil dikeluarkan, haluan kapal sudah tenggelam. 

Dituturkan Sloane, dia menggunakan model komputer tiga dimensi dari kapal yang mereka coba selamatkan, untuk memahami kondisi kapal serta tindakan paling tepat untuk penyelamatan. 

Langkah selanjutnya, Sloane memakai alat semacam snorkel raksasa untuk mengeluarkan air dari kapal. Sloane dan timnya meletakkan pompa besar di bawah air di bagian bawah salah satu ruang kargo.

Mereka juga melepas palka di geladak di atas dan mengelas tabung persegi panjang besar, atau snorkel, ke atasnya sebelum memasangnya kembali. Pompa-pompa itu berhasil menghentikan air yang memenuhi ruang mesin, yang berisi mesin-mesin paling mahal dan sensitif.

Langkah terakhir yang paling penting dan paling sulit adalah tim penyelamat mengisi beberapa tangki pemberat kapal dengan udara. Hal ini memakan energi dan keterampilan khusus. Dengan langkah tersebut, kapal akhirnya bisa mengapung kembali.

Melalui sejumlah rangkaian operasi teknikal yang rumit dan sulit akhirnya kapal sejarah USD 190 juta itu berhasil diselamatkan dan ditarik ke galangan kapal untuk diperbaiki.

 "Bagian paling sulit adalah ketika kami mengelas balok baja besar ke geladak kapal, demi menguatkannya agar tidak hancur," kata Sloane. Menurutnya, selain keahlian soal kapal tidak cukup untuk menjadi seorang salvor tangguh. Butuh kehati-hatian dan kenekatan di saat bersamaan. "Semua itu karena pengalaman dan jam terbang," pungkasnya. (*)